quote today

tidak ada yang bisa menyakiti diriku tanpa ijinku

Minggu, 01 Juli 2012

Hidup = Pilihan

Setiap hari kita berharap untuk bisa berdisiplin, merubah segalanya menjadi lebih baik diantaranya dengan membaca buku yang akan membuka pikiran kita dan menambah pengetahuan yang baru. Setiap hari pula kita berharap untuk bisa memulai suatu aktivitas yang baru. Semua harapan itu bisa kita lakukan sesegera mungkin atau minggu depan atau bulan depan atau mungkin tahun depan.

Tetapi kita juga bisa untuk tidak melakukan apapun, tetap berada pada kondisi awal yang kita rasa sudah aman, nyaman daripada mencoba suatu hal yang baru. Tetap menjadi seperti apa adanya dan tidak melakukan perubahan apapun. Karena kita berpikir "untuk apa merubah sesuatu yang kita rasa telah benar?". Dan itulah pilihan hidup, pilihan-pilihan yang akan kita lakukan atau tidak kita lakukan. Yang sejatinya hidup itu adalah sebuah pilihan.

Lalu manakah yang lebih baik, memilih menjalani harapan-harapan atau memilih untuk tidak melakukan apapun?.  Apakah kita memilih melakukan harapan-harapan yang kita tahu akan ada dua kemungkinan yakni kesenangan jika harapan itu terwujud dan kekecewaan jika sebaliknya harapan itu tidak terwujud. Apakah kita memilih untuk tidak melakukan apapun, tidak beranjak dari kondisi yang telah aman dan nyaman bagi kita sehingga tidak ada rasa senang atau kecewa yang akan datang.

Apabila antara jiwa, pikiran dan hati kita telah sama untuk memilih suatu pilihan hidup maka kebahagiaan itu adalah pasti. Dalam hal ini berarti tidak ada lagi pertentangan tentang mana yang lebih baik antara pikiran atau intelektual dengan hati atau emosional dan dengan jiwa atau spiritual dalam diri kita. Semua setuju untuk memilih suatu pilihan hidup, tidak ada konfrontasi dalam diri maka kebahagiaan itu adalah pasti. Tidak ada pertimbangan-pertimbangan yang berbeda antara logika, nurani dan spiritual.

Ibaratnya jika sebuah telur dipecahkan dari luar maka suatu kehidupan akan berakhir, namun sebaliknya jika dari dalam maka kehidupan akan lahir. Oleh karena itu "Great Things Always Begin From Within".
Dalam kehidupan ini sebaiknya apapun pilihan hidup yang akan kita tempuh bukanlah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar atau dari luar diri kita, tetapi apapun pilihan hidup yang kita ambil haruslah berdasarkan atau merupakan cerminan dari dalam diri kita sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar