quote today

tidak ada yang bisa menyakiti diriku tanpa ijinku

Rabu, 11 Juli 2012

Pentingnya Belajar

Hidup adalah belajar. Hidup adalah sebuah kegiatan belajar dari awal kelahiran sampai pada akhir kehidupan. Belajar tentang pengetahuan, belajar tentang makna kehidupan itu sendiri. Belajar tentang kebajikan, tentang yang baik dan yang buruk. Belajar untuk meraih tujuan daripada hidup, yakni mencapai kebahagiaan lahir dan bathin.

Belajar untuk pertama kali dimulai dari keluarga, yang diperoleh dari kedua orangtua dan kerabat. Yang mengenalkan tentang kehidupan sehari-hari yang terjadi di dunia yang terlahir sebagai manusia. Keluarga yang mengenalkan makanan, minuman dan kehangatan dalam suatu hubungan keluarga. Yang mengenalkan kata-kata pertama pada awal pendengaran. Yang menuntun langkah pertama pada tindakan. Yang mengenalkan rasa sakit akan tangisan dan keceriaan pada canda tawa.

Semakin banyak hal baru yang dipelajari, semakin banyak yang kita tahu sebagai bekal dalam menjalani hidup sebagai seorang anak. Belajarpun berlanjut pada lingkungan sekitar yang membawa pengaruh dan perubahan dalam hidup yang kita jalani. Kita belajar dari teman-teman, belajar dari para guru. Namun yang terutama adalah kita banyak belajar dari pengalaman yang merupakan guru sesungguhnya.

Dari sekian banyak hal yang telah kita pelajari dan tahu, tapi yang terpenting adalah kita sadar akan tujuan dari belajar itu sendiri yakni belajar untuk menjadi lebih bijaksana dan juga tentunya belajar untuk menjadi lebih bahagia. Bukannya belajar untuk menjadi seorang yang pintar karena di dunia pada zaman sekarang ini sudah begitu banyak orang yang pintar, pintar untuk sekedar membohongi teman-teman, pintar untuk menyenangkan orang lain untuk memperoleh tujuannya sendiri, pintar untuk menarik simpati orang lain.

Begitu banyak rahasia di alam semesta ini yang belum di ketahui, masih misterius dan perlu diungkapkan. Agar manusia tahu tentang kebenaran yang sejati. 
Salah satu cara untuk mengungkapkannya adalah belajar, dan merupakan cara yang paling awal untuk dilakukan. Karena setelah belajar maka dilanjutkan dengan mengimplementasikan yang telah dipelajari, secara terus menerus.

Semangat untuk terus belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar