quote today

tidak ada yang bisa menyakiti diriku tanpa ijinku

Minggu, 22 Juli 2012

Belajar Dari Alam ( Belajar pada kura-kura )

Belajar dari hewan bernama kura-kura.

Kura-kura adalah hewan yang unik, keras, lucu, "aneh", kepalanya keluar-keluar dari badannya (ya..iyalah!), dan bisa hidup di darat maupun air.
Lebih jauh tentang kura-kura itu kita bisa langsung liat di wikipedia, yang mau saya kupas disini adalah betapa spesialnya makhluk kura-kura itu.


Kura-kura itu lambat gerakannya. banyak yang bilang kura-kura itu bukan hewan yang begitu spesial, tapi kalo kita inget cerita anak-anak dimana kura-kura bisa mengalahkan kelinci di lomba lari kita jadi kagum.
Dia lambat, semua orang menertawai karena dia berani lawan kelinci, tapi si kura-kura terus berlari dan mau berusaha sampai dia menang. Dari kisah ini dapat kita ambil nilai bahwa kura-kura itu tekun dan mau menganggap orang yang mencemooh dia sebagai motivasi untuk membuktikan kemampuannya.
Kita harus bisa seperti kura-kura. Mau terus berusaha, tekun, tidak gampang menyerah, tidak terpengaruh hal negatif dari sekitar untuk meraih kesuksesan.

Seekor kura-kura pada saat menghadapi suatu ancaman berbahaya dari luar, dia akan menarik semua kaki dan tangannya juga kepala dan ekornya ke dalam "rumahnya" yang berupa tempurung cangkang yang keras.
Perilaku ini dapat kita tiru sebagai suatu perilaku dimana kita menarik, menyembunyikan indria-indria kita, mengendalikan indria yang kita miliki apabila ada hal-hal negatif yang mengancam jiwa dan diri kita. Perilaku untuk tetap waspada dan mengendalikan diri sehingga kita terhindar dari marabahaya.

Kura-kura terkenal memiliki umur yang panjang. Hewan yang memiliki usia hidup yang dapat mencapai ratusan bahkan ribuan tahun. Begitu pula sepatutnya kita dalam menjalin hubungan, usahakanlah untuk berlangsung atau berumur panjang. bukan hanya sekedar saja setelah apa yang menjadi tujuan terpenuhi dan kemudian hubungan itu sirna begitu saja.

Kura-kura adalah hewan yang bijaksana, dia mampu hidup di darat dan di air. 
Demikian pula seharusnya kita yang terlahir sebagai manusia yang dianugerahi akal budhi, pikiran yang menempatkan kita sebagai makhluk yang mulia diantara ciptaan-Nya. Kita harus bisa bersikap bijaksana terhadap hidup yang kita jalani, berperilaku bijak mampu menyesuaikan diri dengan keadaan yang kita hadapi, tentunya tanpa merugikan yang lainnya.

Itulah mungkin beberapa nilai-nilai filosofi yang dapat diambil dari perilaku dari seekor kura-kura. Tentu masih ada banyak yang lainnya yang dapat diambil nilainya. Yang patut untuk kita renungkan untuk menambah kebijaksanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar