quote today

tidak ada yang bisa menyakiti diriku tanpa ijinku

Selasa, 28 Juli 2015

Renungan

Beberapa kesalahan telah tercetak dalam lembar kisah kehidupan. Beberapa mungkin akan pudar seiring berjalannya waktu dan menghilang, namun ada beberapa yang begitu menodai lembaran tersebut tidak mudah untuk dihilangkan dan membekas. Bercak-bercak noda tersebut mengurangi keindahan daripadanya.
Namun janganlah bermurung diri, lihatlah lebih luas dari sudut pandang yang lain akan keberadaan noda (kesalahan) itu. Bukankah terlihat sesuatu yang "indah"?.

Dalam sebuah perjalanan hidup, kita mungkin tidak menyadari telah melakukan suatu kesalahan dan hal itu adalah manusiawi. Namun berbeda halnya jika kita melakukan kesalahan itu terus-menerus yang dapat diartikan sebagai kecenderungan perilaku yang bodoh. 

Manusia tidak berdaya akan godaan duniawi yang menarik kecerdasannya menuju jurang kebodohan apabila ia tidak mampu mengendalikan "kuda liar" pikiran yang menarik "kereta" raganya untuk suatu pemenuhan keinginan. Pada akhirnya ia terjerumus dalam sebuah kesalahan. Namun tidak demikian jika ia memiliki kendali yang hebat dalam mengontrol kuda liar tersebut. Kendali yang mampu membawa keselamatan untuk dirinya. Kendali yang dikenal dengan "kebenaran".

Pengetahuan tentang kebenaran akan menyelamatkan diri dari jalan kesalahan. Namun pengetahuan itu tidak hanya untuk diketahui, tapi harus diresapi dan diamalkan. Dengan demikian raga dan jiwa akan selamat hingga sampai pada tujuan hidup.

Sebuah kesalahan harusnya diketahui dan disadari oleh diri ini sehingga akan mampu menghindari kesalahan yang sama untuk tidak berulang. Dengan pengetahuan tentang kebenaran, perkuat diri dan bentengi diri dari godaan duniawi yang dapat menjatuhkan pada jurang kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar