quote today

tidak ada yang bisa menyakiti diriku tanpa ijinku

Minggu, 27 Oktober 2013

Soma -- Chandra -- Bulan

Kali ini mencoba mencari dan menemukan sifat-sifat bulan yang dapat kita renungkan untuk menambah kebijaksanaan sebagai pribadi. Soma atau Chandra atau Bulan adalah sebutan untuk satelit yang mengitari bumi sebagai porosnya. Bumi hanya memiliki satu satelit, bulan pun demikian hanya mengitari bumi ( pastinya donk ). Dari hal ini dapat kita temukan sifat bulan yaitu SETIA.

Begitu besar pengaruh keberadaan bulan bagi bumi dan makhluk hidup di dalamnya. Keseimbangan bumi turut dijaga oleh medan gravitasi yang dimiliki oleh bulan. Dapat di lihat dari pasang-surutnya samudera, gejolak lava yang ada di dalam perut bumi. Bulan laksana pendamping/ penasehat yang menjaga agar bumi tetap seimbang. Dari hal ini dapat kita temukan sifat bulan yaitu DAPAT MENASEHATI.

Bulan memang tidak bersinar sendiri seperti bintang tapi memantulkan cahaya matahari untuk menerangi bagian bumi yang gelap dalam malam hari. Dengan kekurangan yang dimiliki oleh bulan tapi tetap memberikan seluruh sinar yang diterimanya untuk menerangi bagian bumi yang gelap. Dari hal ini dapat kita temukan sifat bulan yaitu PEMURAH.

Bulan selalu menghadapkan "wajah" yang sama ke arah bumi. Tidak pernah terlihat permukaan bulan yang lain akibat waktu berotasi dan berevolusinya sama. seakan-akan bulan tidak mau menolehkan wajahnya untuk mengawasi bumi. Dari hal ini dapat kita temukan sifat bulan yaitu SELALU WASPADA.

Ketika bulan tampak sebagai bulan penuh atau purnama. Sungguh indah dan menyenangkan untuk di lihat. Pada masa ini banyak orang menjadikan hari yang baik dan melakukan pemujaan kepada Yang Maha Kuasa. Dari hal ini dapat kita temukan sifat bulan yaitu RUPAWAN.

Seorang pengelana di padang pasir atau di lautan luas selain menggunakan bintang untuk navigasi dalam perjalanannya, bulan juga digunakan untuk mengetahui arah mataangin dengan mudah. Bulan juga digunakan untuk menghitung penanggalan dan waktu dan musim.  Dari hal ini dapat kita temukan sifat bulan yaitu PEMBERI PETUNJUK.

Demikian beberapa sifat bulan yang dapat direnungkan. Dan tentu masih banyak lagi sifat-sifat lainnya yang dapat ditemukan dan dijadikan tuntunan dalam pengembangan pribadi. Mari kita cari sifat-sifat bulan yang lain di kesempatan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar